Cara Mengatasi Burnout Karena Pekerjaan yang Menumpuk



Pekerjaan yang menumpuk dan tidak kunjung selesai dapat menimbulkan gejala stres meningkat. Hal ini juga dapat menyebabkan burnout yang dapat mengganggu konsentrasi kerja. 

Jika kamu sudah mengalami hal tersebut perlu cara tepat dalam mengatasi burnout yang termasuk dalam masalah kesehatan mental. Stress yang tidak segera diatas bahkan akan mempengaruhi kondisi fisik dan mengganggu kesehatan. 

Cara Mengatasi Burnout Karena Pekerjaan 



Stress adalah suatu tanda bahaya karena otak merespon ada hal berbahaya. Ini biasanya muncul karena terlalu banyak pikiran, kelelahan, maupun kondisi lingkungan yang tidak nyaman. 

Dalam kondisi pekerjaan yang menumpuk maka tidak heran jika stress sering menimpa para karyawan. Permasalahannya ketika stres tubuh menjadi mudah lelah, malas beraktivitas, hingga adanya penurunan daya tahan tubuh. 

Itulah mengapa pekerjaan akan semakin menumpuk karena tidak diselesaikan tepat waktu. Jadi, ketika tanda-tanda stres mulai muncul lakukan beberapa cara mengatasi burnout berikut ini: 

Adapun hal 5 hal yang dapat dilakukan dalam mengobati dan bahkan dapat mencegah burnout, yaitu: 

1. Selesaikan Pekerjaan Satu Persatu

Tidak salah jika ingin semua pekerjaan selesai dalam satu waktu. Akan tetapi, hal tersebut bisa saja membuat pekerjaan tidak ada yang selesai, karena tidak ada prioritas mana yang harus selesai terlebih dahulu. 

Tidak menutup kemungkinan juga kamu akan mengalami stres karena kelelahan. Untuk itu, selesaikan pekerjaan kamu satu per satu. Lakukan dari yang paling mudah atau yang sudah mendekati deadline.  

2. Jeda Pekerjaan 

Kesibukan tidak menjadi alasan untuk memforsir tubuh. Istirahatlah sejenak di tengah kesibukan kamu, walau hanya sekedar menarik nafas atau membuat minuman favorit. Jeda pekerjaan ketika mulai kehilangan fokus dan mulai lelah. 

3.  Tulis yang Menyebabkan Stres 

Banyak orang yang tidak peka terhadap stres yang mereka alami, tahu-tahu sudah mengalami burnout. Agar terhindar dari hal ini, kamu bisa menulis apa saja yang biasanya menyebabkan stres. 

4. Lakukan Hal yang Kamu Sukai 

Dari penyebab stres yang kamu tuliskan sebelumnya, maka tulis juga apa yang ingin kamu inginkan. Wujudkan keinginan kamu, namun pastikan melakukan hal yang bisa kamu wujudkan dalam jangka waktu pendek. 

Bisa saja mewujudkan keinginan liburan ke luar negeri misalnya. Akan tetapi, kamu perlu perencanaan yang matang. Oleh karena itu, lakukan keinginan sederhana terlebih dahulu, seperti pergi ke restoran favorite atau menikmati secangkir kopi hangat di Cafe terdekat. 

5. Ceritakan Masalahmu 

Ketika mengalami suatu masalah terkadang kamu perlu teman untuk berbagi cerita. Bahkan hanya sekedar untuk mendengarkan keluh kesahmu. 

Jangan ragu dan sungkan untuk berbagi cerita, tetapi berbagilah dengan orang yang kamu percayai. Bisa juga melakukan podcast seperti yang banyak orang lakukan saat ini. 

Stres bukan hal mungkin yang bisa kita hindari, karena ini bagian dari respon otak sebagai adanya tanda bahaya. Walau begitu, kita bisa mengatasi stres agar tidak menjadi burnout. 

Lakukan 5 cara mengatasi burnout di atas. Kelola stres dengan tepat, agar tetap produktif dalam melakukan pekerjaan setiap harinya.


1 comment:

  1. aku sering melakukan poin nomor 4, karena bikin mood jadi happy :D

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!