5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan dalam Persiapan Resign



Tidak sedikit karyawan yang kesulitan untuk resign dari pekerjaan atau tidak. Tentu hal tersebut karena banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam persiapan resign, terutama dalam hal financial.

Saat resign maka tidak ada lagi penghasilan tetap, terkecuali jika kamu sudah memiliki pekerjaan sebelum setelah keluar dari tempat lama. Sedangkan, jika belum ada tujuan maka mau tidak mau harus mengatur keuangan dengan tepat.

Untuk biaya hidup sehari-hari, melunasi hutang pay later jika ada, makan di restoran favorit, atau untuk liburan ke destinasi impian. Walau begitu, kamu tidak khawatir jika melakukan perencanaan yang matang sebelum berhenti kerja. 

Perhatikan 5 Hal Ini Dalam Persiapan Resign

Ada beberapa hal yang harus kamu catat dalam persiapan sebelum resign. Baik itu perihal pemasukan hingga mengubah gaya hidup. 

Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak kesulitan dalam hal keuangan sampai mendapatkan pekerjaan baru. Apalagi buat kamu yang mau memulai bisnis, pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. 

Oleh sebab itu, cek beberapa hal berikut ini dalam persiapan resign kerja:



1. Tentukan Karir Masa Depan 

Memutuskan resign dari pekerjaan akan lebih baik jika kamu menentukan terlebih dahulu mengenai karir di masa depan. Apakah resign dari pekerjaan karena lingkungan yang sudah tidak nyaman, atau tidak ada perkembangan untuk karir yang lebih baik?

Apapun alasan kamu, miliki tujuan masa depan yang jelas. Dengan ini akan membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan baru atau membangun karir kamu sendiri dari bisnis yang hendak dijalani. 

2. Tidak Kehilangan Pemasukkan Biaya Hidup

Setelah resign dari pekerjaan, sebaiknya kamu tetap memiliki pemasukkan. Kamu bisa mencoba pekerjaan freelancer atau berjualan. Di era digitalisasi sekarang ini mudah untuk menjual produk digital dengan modal kecil, seperti berjualan pulsa, menjadi reseller atau dropshipper, dan masih banyak lagi. 

Dengan adanya pemasukan maka tabungan kamu tidak akan terkuras habis hingga mendapatkan pekerjaan baru. Sebalikya, bisa jadi kamu mendapatkan penghasilan baru yang tidak kalah besarnya dengan gaji di tempat kerja kamu saat ini. 

3. Sisihkan Gaji untuk Investasi

Selain memperhatikan biaya hidup sehari-hari, jangan lupa menyisihkan gaji kamu saat ini dengan membeli produk investasi. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan passive income. Kamu bisa mencoba investasi dengan resiko rendah, seperti Reksadana, Emas, atau Deposito.

4. Buat Poin-Poin Alasan Mengundurkan Diri

Perhatikan juga alasan kamu mengundurkan dari pekerjaan sebagai salah satu hal penting dalam persiapan resign. Membuat poin-poin membantu kamu untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada atasan.

Kamu akan kesulitan jika tidak memahami dengan baik alasan berhenti kerja. Hal ini juga yang banyak karyawan abaikan, sehingga resign hanya menjadi wacana karna mereka bingung dengan alasan resign itu sendiri. 

5. Buat Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Dalam persiapan resign dari pekerjaan maka buat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Pastikan surat kamu berikan kepada atasan, bahkan ketika kamu merasa kecewa terhadap kebijakan atau karyawan lain, tetap berhentilah dengan bijak. 

Selalu ingat, pertama kali masuk dengan cara yang baik, maka begitu juga saat memilih resign. Ajukan surat dengan alasan yang jelas dan bisa diterima dengan baik tanpa menyinggung yang dapat menyebabkan konflik baru.  

Demikian, beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan persiapan sebelum resign. Perlu kamu garis bawahi juga agar membuat CV dan Portofolio terbaru. CV untuk kebutuhan mencari pekerjaan baru yang kamu impikan. 


No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Jejak di Bawah, ya!